Tuesday, February 4, 2020

Jaringan Berdasarkan Area, Jangkauan, dan Jenis Koneksi

➢ Jaringan berdasarkan Area
Jaringan berdasarkan Area dikenal sebagai jenis komputer yang dihitung berdasarkan skala, jarak, mapun geografisnya. Maka dari itu, jaringan komputer ini harus dihubungkan berdasarkan cakupan areanya.
1. PAN ( Personal Area Network ) 
Image result for personal area network 
 merupakan jaringan komputer yang transmisi datanya antara perangkat pribadi seperti tablet, komputer, handphone, game console, dsb. PAN juga bisa digunakan untuk mengkomunikasikan antara perangkat komputer pribadi atau dalam artian komunikasi secara interpersonal.
2. LAN ( Local Area Network )  
 Image result for LAN
 Jaringan komputer ini hanya dapat digunakan untuk mencakup wilayah kecil saja. Seperti contohnya ialah perusahaan, sekolah, universitas maupun area lainnya yang memiliki cakupan wilayah yang kecil. Dengan LAN, salah satu komputer berperan sebagai server atau data bank sedangkan yang lainnya sebagai client.
3. MAN ( Metropolitan Area Network )  
 Image result for man network
 Jaringan MAN dapat digunakan pada luar area yang mencakup 10 km sampai 50 km. MAN merupakan jaringan yang sering digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan LAN yang akan membetuk sebuah jaringan yang lebih luas lagi.
4. WAN ( Wide Area Network ) 
 Image result for wan network
 Jenis jaringan ini memiliki cakupan wilayah atau jarak yang sangat luas karena dapat menjangkau hingga seluruh negara maupun dunia. Jenis jaringan WAN hanya membutuhkan suatu router saja untuk menghubungkan seluruh komputer ke dalam jaringan.
Penjelasan lebih lanjut : https://www.youtube.com/watch?v=gJ8fg18P1QE
 ➢ Jaringan berdasarkan Jangkauan
  1. LAN
    Jangkauan dari Jenis jaringan LAN ini berada di area yang relatif kecil. Pada umumnya, jenis jaringan ini serng diterapkan pada kantor, lab , sekolah, rumahan, dan jaraknya tidak lebih dari 1km.
  2. MAN
    Jangkauan dari jenis jaringan MAN ini mencangkup lebih luas dari LAN. Biasanya bisa meliputi antar wilayah dalam satu provinsi. Dalam hal ini, sistem jaringan komputer menghubungkan beberapa jaringan kecil (LAN) ke area yang lebih besar.
  3. WAN
    Jangkauan dari jenis jaringan WAN ini sangat luas, banyak pengguna sudah menggunakan satelit atau bahkan tabel bawah laut untuk menghubungkannya.
 ➢ Jaringan berdasarkan Jenis Koneksi
Berdasarkan koneksinya jaringan komputer dapat dibedakan menjadi dua jenis koneksi yang digunakan secara luas dalam mengirmkan data :
Point-to-point links
Broaddcast Links
Point-to-point Links 
 adalah bentuk dari koneksi dimana umunya mengacu ke koneksi yang dibatasi untuk 2 endpoints. Pengirim point-to-point dengan satu pengirim dan satu penerima sering disebut juga dengan Unicasting.
point-to-point links
♠ Broadcast Links 
 adalah bentuk dari koneksi yang memiliki satu kanal komunikasi yang dibagi oleh semua peralatan dalam jaringan. Broadcast juga mendukung untuk melakukan sebuah teknik dimana sebuah data dikirimkan melalui jaringan ke sekumpulan komputer yang tergabung ke dalam sebuah group tertentu yang disebut dengan Multicasting.
 Broadcast links
Penjelasan lebih lanjut : https://www.youtube.com/watch?v=nrP4mNgZu7Q

No comments:

Post a Comment